Tips

Tips Membangun Rumah dengan Dana Kurang dari 100 Juta     

Memiliki rumah yang nyaman adalah impian banyak orang. Namun memang untuk membangun rumah, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda sedang berencana membangun rumah dan memiliki dana kurang dari 100 juta sebaiknya tidak perlu merasa khawatir. Asalkan cermat dalam memanfaatkan uang tersebut, Anda sudah bisa membeli bahan bangunan dan membangun rumah sederhana yang nyaman untuk ditinggali.

Tips Membangun Rumah Sederhana

Tidak dipungkiri jika uang 100 juta di zaman sekarang terasa tidak begitu banyak. Kenaikan berbagai macam kebutuhan pokok juga berdampak pada kenaikan bahan bangunan. Apabila Anda sudah memiliki uang kurang dari 100 juta, impian Anda untuk memiliki rumah akan segera terwujud.

Berikut adalah beberapa tips menarik dalam membangun rumah agar uang 100 juta sudah mencukupi:

  • Memilih Desain yang Tepat

Tips pertama adalah merencanakan kira-kira seperti apa desain rumah yang akan dibuat. Dengan uang sekitar 100 juta, sebaiknya Anda memilih desain rumah minimalis dengan ornamen sederhana.

Selain itu, bangunan rumah sebaiknya tidak terlalu memiliki banyak sekat. Hal ini untuk menghemat pembelian bahan bangunan.

Saat ini ada banyak referensi desain rumah minimalis yang bisa dibangun dengan anggaran sekitar 100 juta saja. Pilihlah desain yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

  • Menulis Anggaran

Tips berikutnya adalah menuliskan anggaran yang akan digunakan untuk membeli material, membayar tukang dan yang lainnya. Sebelum memutuskan memulai pembangunan rumah, Anda harus memiliki pengetahuan tentang harga-harga material.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang sudah pernah membangun rumah. Jika Anda sudah memiliki tukang, Anda bisa berkonsultasi dengan tukang tersebut sehingga lebih mudah mengetahui kira-kira desain yang akan dibuat bisa tercover dengan dana yang dimiliki atau tidak.

  • Memilih bahan bangunan yang tepat

Untuk menghemat biaya pembangunan rumah Anda bisa memilih bahan bangunan yang tepat. Ada begitu banyak jenis bahan bangunan yang bisa digunakan mulai dari bahan untuk pondasi, bahan untuk dinding hingga bahan untuk atap.

Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Anda bisa mempertimbangkan material yang paling sesuai kebutuhan dan juga mampu menghemat banyak pengeluaran.

Contoh material yang banyak dipilih untuk rumah minimalis karena dinilai lebih murah antara lain seperti bata ringan untuk dinding. Sedangkan untuk atap, Anda bisa memilih material mulai dari genteng pasir, seng, asbes, atau genteng tanah.

  •  Pilih Pekerja yang Profesional

Tips berikutnya adalah memilih pekerja yang terbukti profesional serta tidak memasang tarif terlalu tinggi. Anda bisa bertanya kepada kerabat yang sudah menggunakan jasa pekerja. Mereka akan merekomendasikan siapa orang yang tepat, sehingga Anda tidak salah pilih pekerja.

  • Memilih Waktu yang Tepat

Waktu pembangunan rumah juga bisa mempengaruhi pengeluaran. Hindari membangun rumah saat musim hujan karena biasanya kinerja tukang dan para pekerja lainnya tidak maksimal.

Membangun rumah di saat musim kemarau, memberikan waktu lebih panjang bagi tukang karena tidak khawatir kehujanan. Semen juga akan lebih cepat kering pada saat musim kemarau.

Jika Anda saat ini sedang memilih material bangunan terbaik maka bisa memilih produk-produk dari SCG. Bukan hanya menyediakan semen saja namun juga menyediakan berbagai macam bahan bangunan.

Anda bisa membeli macam-macam material bangunan seperti smart block, semen mortar, beton instan, pipa drainase, dan lain sebagainya. Anda bisa langsung mengunjungi website scgcbm.id untuk mendapatkan bahan bangunan berkualitas dengan harga terbaik.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.