Kesehatan

SehatQ, Berikut Daftar Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Salah satu makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya yaitu buah. Namun nyatanya di sini terdapat beberapa buah yang sangat dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu yang telah hamil. Artikel kesehatan berikut ini akan menyebutkan apa saja buah yang dilarang untuk ibu hamil.

Apa Saja Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil?

 

Buah Nanas

Buah nanas disebut sebagai salah satu buah yang bisa membuat seorang ibu hamil, keguguran. Dikarenakan buah tersebut dianggap sangat beresiko mengakibatkan kontraksi pada rahim sehingga keguguran tersebut bisa saja terjadi.

Selain itu nanas memiliki kandungan bromelain, yaitu enzim yang berfungsi dalam memecah protein. Bromelain diklaim bisa melunakkan servis serta mengakibatkan persalinan dini. Sekalipun begitu kajian bahwasanya nanas adalah sebuah penggugur kandungan masih belum memiliki bukti ilmiah.

Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang memang sangatlah menyehatkan. Kemampuannya di dalam membuang racun melalui proses dehidrasi tentu dibutuhkan oleh banyak sekali orang termasuk di sini oleh ibu hamil.

Semangka dianggap aman jika dikonsumsi ibu hamil tapi di sini terdapat potensi efek samping yang cukup merugikan jika semangka tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Kandungan gula di dalam semangka dapat meningkatkan glukosa di dalam darah.

Selain itu sifat diuretik semangka dapat membuat nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh ibu hamil serta janinnya. Maka dari itulah Anda perlu mengonsumsi semangka dalam porsi yang masih wajar.

Buah Pepaya

Pepaya yang telah dikupas kulitnya memiliki kandungan banyak sekali nutrisi penting seperti contohnya serat, kalium, vitamin A dan lain-lain. Tapi untuk kulit pepaya memiliki kandungan lateks dan papain yang hal itu sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan juga janinnya.

Lateks tersebut bisa memicu kontraksi pada rahim sedangkan papain bisa mengakibatkan induksi persalinan. Terlebih lagi lateks atau papain juga seringkali mengundang reaksi alergi yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Saat di sini ingin memakan pepaya maka sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengupas yang lebih dahulu.

Buah Anggur

Anggur disinyalir sebagai salah satu buah yang juga dilarang untuk ibu hamil. Hal itu dikarenakan buah tersebut memiliki kandungan resveratrol yang disebut-sebut bisa mengakibatkan ketidakstabilan hormon pada masa kehamilan.

Anggur juga sangat dipercaya bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga akan sangat beresiko untuk ibu hamil dan janinnya. Jika di sini Anda ingin memakan buah tersebut, tak ada salahnya berkonsultasi lebih dahulu pada seorang dokter.

Buah Berry Beku

Ibu yang sedang hamil sebaiknya di sini menghindari konsumsi buah berry beku atau yang sudah dibekukan dalam jangka waktu lama. Hal itu dikarenakan rasa serta nutrisi asli di dalam buah berry akan hilang jika di sini Anda tetap melakukan hal tersebut.

Mengonsumsi buah ini dikhawatirkan bisa jadi racun untuk Anda maupun janin. Berry kalengan tidak baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil maka dari itu sebaiknya pilih berry segar daripada buah berry kalengan ataupun beku.

Buah Nangka

Nangka juga termasuk dalam salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Konsumsi nangka yang berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan serta menyebabkan diare karena mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Jika Anda mempunyai kelainan darah, buah nangka juga sangat dipercaya bisa untuk meningkatkan pembekuan darah. Kandungan gula yang sangat tinggi pada buah tersebut akan mempengaruhi kadar gula sehingga berpotensi menyebabkan bahaya bagi ibu hamil.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.