Tekno

Penggunaan VIDA Deepfake bagi Pencegahan Dampak Deepfake

Teknologi kecerdasan buatan atau AI yang semakin berkembang juga dibarengi dengan kejahatan siber yang semakin beragam, salah satunya adalah deepfake. Deepfake adalah teknologi manipulasi video dan audio yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan konten yang membuat orang terlihat atau terdengar melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak dilakukan. Banyaknya dampak yang ditimbulkan membuat beberapa pihak merugi karena adanya deepfake. Namun, berkat itu, VIDA berhasil mencetuskan teknologi VIDA deepfake shield untuk mencegah kejahatan siber deepfake. Lalu, apa saja dampak negatif yang ditimbulkan deepfake?

Dalam konteks keamanan, deepfake menjadi senjata yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi palsu atau video manipulatif. Dampaknya melibatkan potensi kerusakan reputasi seseorang dan bahkan penyalahgunaan untuk tujuan kriminal seperti penipuan atau pemerasan. Tidak hanya itu, deepfake juga bisa diarahkan untuk meretas sistem keamanan yang menggunakan teknologi pengenalan wajah atau suara.

Deepfake juga kerap digunakan untuk penipuan. Penipuan selalu menyebabkan kerugian finansial, terlebih penipuan dengan biometrik. Pada perusahaan e-commerce atau fintech, biometrik biasanya digunakan untuk transaksi. Sehingga ketika biometrik bisa dipalsukan menggunakan deepfake, penipu bisa mengakses transaksi dan menyebabkan kerugian finansial.

Pada sisi privasi, deepfake memberikan ancaman besar dengan kemampuannya memalsukan video atau audio yang menampilkan seseorang dalam situasi yang sebenarnya tidak terjadi. Ini dapat merugikan individu secara pribadi dan profesional, menciptakan kerentanan terhadap potensi manipulasi dan pelecehan. Selain itu juga bisa mencemarkan nama baik seseorang.

Sebagai solusi dari maraknya kejahatan siber berupa deepfake ini, VIDA mengembangkan teknologi yang lebih anyar, yaitu VIDA Deepfake Shield. Dalam hal ini, VIDA telah diperkuat dengan kemampuan untuk mengontrol seluruh proses menuju akses sistem biometrik, sehingga celah penipuan sekecil apapun bisa dengan cepat dicegah. Menghadapi serangan siber yang terus berkembang, tidak ada salahnya mengadopsi solusi VIDA Deepfake Shield ini untuk keamanan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *