Gaya

Mengapa Telapak Tangan Gatal, Tanda Akan Dapat Duit atau Penyakit?

TEMPO.CO, Jakarta – Kalau tiba-tiba telapak tangan gatal, maka orang tua dahulu dengan gampang akan menyebut, “akan terima uang”. Namun, rasa gatal yang menyerang pada telapak tangan tentunya mengganggu. Rasa gatal yang menyerang pun dapat berlangsung dalam waktu yang lama. Meskipun telapak tangan gatal jarang menyebabkan masalah kesehatan yang serius, tetapi tidak menutup kemungkinan telapak tangan yang gatal pertanda kondisi kulit kronis dan memerlukan perawatan sesering mungkin. Lantas, apa penyebab tangan gatal?

Dilansir dari laman Medical News Today, telapak tangan gatal dapat disebabkan oleh eksim. Eksim biasanya dialami oleh sebagian orang yang bekerja di profesi tertentu yang memaksa tangan terpapar kelembapan atau bahan kimia berlebih, misalnya terkena sabun, deterjen, dan alergi. Gejala-gejala eksim di antaranya mulai dari ruam merah, lecet, bersisik, hingga kulit pecah-pecah. Seluruh bagian kulit berpotensi mengalami eksim atau yang juga disebut sebagai dermatitis.

Mengutip dari laman Healthyline, rasa gatal pada telapak tangan juga dapat terjadi karena bentuk alergi karena kulit terkena sesuatu dan menempel pada kulit. Dalam beberapa kasus, rasa gatal yang disebabkan oleh alergi terjadi setelah beberapa jam kontak dengan alergen Beberapa kasus eksim menimbulkan benjolan berisi cairan yang dapat pecah

Penumpukkan kulit karena kulit tidak dapat mengelupas secara alami atau yang disebut sebagai psoriasis juga menjadi penyebab telapak tangan gatal. Kondisi ini menyebabkan penumpukkan sel-sel kulit sehingga rasa gatal menyerang telapak tangan. Psoriasis biasanya dibarengi dengan kulit melepuh, kemerahan, sisik putih pada kulit, sendi bengkak, dan kulit pecah-pecah hingga mengakibatkan berdarah.

Penyakit diabetes yang diderita oleh seseorang juga dapat menjadi faktor pendorong telapak tangan gatal. Kadar gula yang terlalu tinggi menyebabakan kulit menjadi kering hingga gatal. Telapak tangan yang gatal bisa muncul dengan atau tanpa benjolan kemerahan seperti daging, sebagaimana dikutip dari laman Web Md.

Untuk menghindari telapak tangan gatal dapat menggunakan pelembap atau moisturizers pada kulit. Kemudian, untuk pencegahan dari dalam dapat mengonsumsi air putih secukupnya untuk membuat tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, apabila memiliki kulit telapak tangan yang sensitif, lindungi tangan setiap kali bersentuhan dengan bahan kimia atau udara yang mengiritasi kulit dengan menggunakan sarung tangan, baik berbahan lateks atau katun.

NAOMY A. NUGRAHENI

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.