Tekno

Mekanisme Terjadinya Petir yang Wajib Diketahui

TEMPO.CO, Cilacap -Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok angkat bicara menanggapi investigasi yang dilakukan untuk mencari penyebab pasti kebakaran di tangki penyimpanan Pertalite di kilang Cilacap pada Sabtu pekan lalu yang diduga akibat tersambar petir.

Ia menyatakan, laporan awal yang diterima perseroan (Pertamina) terkait dengan penyebab kebakaran disebabkan oleh sambaran petir pada fasilitas tangki 36 T102.

“Kami minta Bareskrim saja yang periksa,” kata Ahok seperti dikutip Tempo, Senin, 15 November 2021.

Petir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi saat musim hujan tiba. Petir berbentuk seperti kilatan cahaya yang menyambar dan selalu diikuti dengan suara gemuruh yang keras.

Dikutip dari ojs.unud.ac.id, petir dapat terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau antara awan yang satu dengan awan yang lainnya.

Terjadinya petir juga dapat dijelaskan melalui beberapa proses yang memengaruhinya. Berikut adalah proses-proses yang mempengaruhi tersebut :

1. Proses terjadinya muatan pada awan diakibatkan karena awan yang terus bergerak secara teratur dan terus menerus.

Selama pergerakan ini, awan akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan yang memiliki muatan negatif akan berkumpul pada satu sisi dan di sisi sebaliknya akan berkumpul sisi positif.

Selanjutnya: Terjadinya pembuangan muatan negatif…

12 Selanjutnya

2. Terjadinya pembuangan muatan negatif, hal ini secara otomatis terlaksana apabila perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang akan dilalui elektron (muatan negatif) adalah udara.

3. Pada saat elektron telah mampu menembus ambang batas isolasi udara maka akan terjadi ledakan suara yang begitu dahsyat dan menggelegar.

Petir diketahui muncul hampir di setiap wilayah di dunia.

Biasanya, wilayah yang mempunyai iklim sedang maupun tropis adalah yang paling sering terkena badai petir. Hal tersebut disebabkan karena kelembapan udara yang dimiliki oleh kedua wilayah itu mempunyai tekanan yang lebih tinggi akibat pengaruh sinar matahari.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.