Techno

Kominfo Targetkan Surat Edaran Panduan Penggunaan Artificial Intelligence Bisa Keluar Bulan Depan

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria mengatakan, Surat Edaran (SE) panduan penggunaan Artificial Intelligence (AI) ditargetkan keluar pada awal Desember 2023. Adapun SE ini sifatnya masih normatif, bukan imperatif seperti Keputusan Menteri atau Peraturan Menteri. SE ini untuk mengatur norma norma buat para pengembang, pengguna, serta pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam penggunaan AI.

Pekan depan, ia menyebut akan mengadakan diskusi bersama sejumlah pemangku kepentingan untuk meminta masukan terkait dengan SE ini. "Nah, surat edaran panduan penggunaan artificial intelligence ini akan kita bahas Senin besok, kita akan undang sejumlah stakeholder," kata Nezar dalam acara media gathering di Jakarta Selatan, Jumat (24/11/2023). Ia mengatakan, draf yang sudah ada ini sudah dibuat berdasarkan diskusi dengan menyerap dari kekhawatiran global dan nasional yang muncul.

Kominfo Targetkan Surat Edaran Panduan Penggunaan Artificial Intelligence Bisa Keluar Bulan Depan Pelaku Usaha yang Gunakan AI Diminta Ikuti Pedoman Etik Penggunaan Artificial Intelligence Wapres: Artificial Intelligence Tidak Bisa Gantikan Ulama Buat Fatwa

Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2, Lengkap dengan Kunci Jawaban Halaman all Kominfo Siapkan Surat Edaran Pedoman Etika Kecerdasan Artifisial Informatika UNPAR Menjadi Jawaban problematika Artificial Intelligence

Menteri Agama Resmi Keluarkan Surat Edaran Larangan Penggunaan Pengeras Suara Selama Bulan Ramadhan Dahlan Dahi: Media Harus Memanfaatkan Artificial Intelligence Draf ini telah diolah Kominfo, serta sudah merupakan hasil diskusi dengan berbagai pihak.

Nezar mengungkap bahwa perumusan SE ini sudah memakan proses yang panjang, kira kira sejak setahun yang lalu. Dia bilang, keberadaan SE ini juga agar dalam atlas global, RI setidaknya sudah memiliki seperangkat regulasi untuk mengantisipasi AI. "Kita sudah punya UU ITE, UU PDP, punya nanti Surat Edaran juga, dan ini diharapkan cukup untuk paling tidak antisipasi awal dalam peraturan AI," ujar Nezra.

"Kita keluarkan mudah mudahan awal Desember sudah punya surat edaran panduan pengembangan AI," lanjutnya. Sebelumnya, Nezar mengatakan di dalam surat edaran tersebut akan terkandung pengertian kecerdasan artifisial serta panduan umum nilai, etika, dan kontrol kegiatan konsultasi, analisis, serta pemrograman yang memanfaatkan kecerdasan artifisial. Nezar meyakini pemanfaatan teknologi AI akan memungkinkan untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Ia memandang, hal itu bisa terwujud jika melangkah bersama menghadirkan tata kelola pemanfaatan AI yang inklusif, produktif, dan memberdayakan. Ia kemudian mengungkapkan sering mendapatkan pertanyaan mengenai bagaimana nantinya AI akan memberikan manfaat bagi masyarakat, mengingat tantangan yang harus diatasi tidaklah sedikit. "Yang terpenting adalah kita sebagai manusia harus mempunyai keyakinan pada manusia, karena manusia pada dasarnya cerdas dan baik," kata Nezar.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *