Kesehatan

Jenis dan Waktu dilakukan Operasi Akibat Sakit lutut

Biaya operasi TKR adalah biaya yang cukup besar agar lutut anda kembali seperti normal. Terlebih lutut adalah bagian tubuh yang tidak luput dari cedera atau peradangan. Apabila kasusnya parah, Ada kemungkinan pasien membutuhkan prosedur medis seperti operasi akibat sakit lutut.

Apa saja jenis dan waktu dilakukan  operasi akibat sakit lutut?

Operasi penggantian lutut adalah prosedur beroperasi yang bisa membantu Anda meredakan rasa sakit. Biaya operasi TKR itu sendiri juga ditentukan dengan jenis operasi dan indikasi yang ada pada lutut. Dengan melakukan operasi akibat sakit lutut, tentu akan membuat lutut menjadi normal kembali dan fungsi gerak pada persendian lutut tidak terjadi lagi.

Jenis Operasi Lutut

Perlu diketahui bahwa terdapat jenis operasi lutut atau dengkul yang terdiri dari tiga jenis. Jenis tersebut adalah operasi lutut total, yang mana dokter akan mengganti seluruh bagian pada sendi lutut utamanya tulang lunak dan paha, tulang tempurung lutut, tulang kering dan tulang betis.

Pada operasi lutut total, dokter bedah akan menggantinya dengan sendi palsu yang terbuat dari logam, terbuat dari plastik atau polimer. Jenis selanjutnya adalah operasi lutut parsial, yang merupakan prosedur yang dilakukan untuk mengganti hanya bagian tulang dan sendi yang mengalami gangguan.

Operasi lutut parsial mempunyai risiko menjalani operasi ulang apabila peradangan menyebar ke bagian lutut lainnya. Terdapat juga operasi lutut bilateral, yang dilakukan untuk mengganti kedua lutut di waktu bersamaan. Prosedur ini berlaku untuk pasien yang mengalami radang sendi pada kedua lututnya.

Anda bisa mengetahui yang mana jenis prosedur yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan lutut yang anda miliki. Tentu dokter bedah ortopedi akan menilai terlebih dahulu kemampuan gerak dari lutut. Selain itu, dokter juga akan mempelajari stabilitas dan kekuatan lutut yang anda miliki.

Pada umumnya, pemeriksaan ini bisa dilakukan menggunakan rontgen atau sinar x-ray. Pemeriksaan tersebut untuk menentukan kerusakan yang terjadi pada lutut. Apabila memang memungkinkan operasi penggantian lutut, maka dokter bisa memilih teknik operasi yang sesuai dengan usia.

Waktu dilakukan Operasi Pergantian Lutut

Terdapat beberapa alasan mengapa operasi pergantian lutut mungkin akan direkomendasikan oleh dokter. Utamanya apabila anda telah mengalami kondisi yang terdapat di bawah ini, tentu anda memerlukan operasi lutut atau dengkul:

  • Waktu yang dilakukan untuk operasi pergantian lutut yang pertama adalah rasa sakit atau kekakuan pada lutut. Sehingga membuat anda tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, seperti tidak bisa jalan dan menaiki tangga atau duduk di kursi.
  • Atau rasa sakit yang tidak terlalu parah pada saat beristirahat, utamanya pada siang atau malam hari.
  • Dilakukan operasi apabila peradangan lutut telah kronis dan pembengkakan tidak kunjung membaik.
  • Operasi juga dilakukan apabila kondisi lutut tidak membaik walau telah menggunakan obat atau menjalani operasi lainnya.

Tentu banyak sekali persiapan sebelum anda melakukan operasi penggantian lutut. Sebab, Anda harus berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Dokter nantinya akan memberitahu detail mengenai prosedur terlebih dahulu, jika setuju untuk menjalani operasi ini maka tim medis akan meminta Anda menandatangani dokumen persetujuan.

Anda bisa menandatangani dokumen persetujuan dan membacanya secara teliti sebelum tanda tangan. Setelah anda menandatangani dokumen persetujuan tersebut, maka dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sembari mempelajari riwayat kesehatan.

Anda bisa memberitahu dokter apabila anda mempunyai alergi terhadap obat-obatan atau alat medis tertentu. Akan sangat membantu apabila anda memberitahu dokter dan tim medis obat apa saja yang sedang anda konsumsi pada saat ini. Utamanya apabila Anda tengah hamil pada saat proses pemeriksaan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.