Otomotif

Cara Merawat Mesin Mobil Menjadi Lebih dengan Menggunakan Otoklix

Cara merawat mesin mobil adalah hal penting yang harus dilakukan. Walaupun Anda adalah pribadi yang tidak mengerti masalah mesin Anda tetap harus mengetahui bagaimana cara perawatannya. Meskipun Anda sedang malas, tapi dijamin bisa melakukannya. Gunakan saja bengkel terdekat di sekitar Anda untuk membantu.

Sebenarnya perawatan mesin mobil itu adalah hal yang mudah. Perawatan mesin mobil wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Menurut riset, terdapat cairan yang ada di mobil yang juga harus dicek secara rutin. Sebagai pengendara tentunya Anda menginginkan bahwa mesin mobil Anda tersebut awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa Cara Merawat Mesin Mobil yang Mudah

Kebanyakan orang pastinya bisa mengendarai mobil. Tapi masih sedikit sekali yang menyampaikan untuk melakukan perawatan. Ketahuilah terdapat salah satu komponen yang vital untuk dilakukan perawatan secara rutin seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Terlebih pada, bagian mesin.

Dampak buruk apabila Anda tidak melakukan perawatan mesin tersebut adalah kondisinya tidak akan prima. Bahkan terkadang sulit sekali untuk dinyalakan. Bisa juga saat sedang Anda operasikan malah mogok di tengah jalan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa merawat mesin mobil itu harus dilakukan secara berkala.

Tapi pada zaman sekarang ini mereka hanya fokus untuk pengisian bahan bakar saja. Pada intinya mobil tersebut menjadi kendaraan yang akan mengantarkan kemanapun tujuan mereka. Di zaman perkembangan teknologi digital ini sudah sangat minim mengenai perawatan mobil. 

Untuk Anda yang sampai sekarang ini perlu menyadari betapa pentingnya melakukan perawatan mesin mobil. Ketahuilah bahwa kerugian karena tidak melakukan perawatan mesin tersebut akan menimpa diri Anda sendiri.

Nah, untuk mempermudah Anda melakukan perawatan mesin tersebut, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda contoh.

Ganti Oli dan Filter Sesuai Waktunya

Cara merawat mesin mobil yang pertama adalah ganti oli mobil beserta filternya sesuai waktu. Apabila Anda menginginkan mobil tahan lama serta awet langkah penting ini harus Anda lakukan sesuai dengan jadwal atau kapan harus ganti karena merupakan bagian yang penting dalam kendaraan tersebut.

Selain itu juga menjadi pendingin, peredam getaran, anti karat dalam mesin, serta pembersih kotoran. Oli yang bekerja secara terus-menerus nantinya juga akan terekspos oleh udara serta panas sehingga akan memotong daya penggunaannya. Pada umumnya juga jadwal ganti oli itu disarankan ketika sudah mencapai 10000 km.

Tetapi terdapat banyak bengkel yang menyarankan untuk segera menggantinya setiap 10000 km. Tak sedikit pula yang menyarankan untuk mengganti setelah 5000 km apabila setiap harinya Anda berteman dengan kemacetan serta kondisi jalan yang tak normal.

Isi Air Radiator

Kemudian cara merawat mesin mobil yang kedua adalah istilah air radiator menggunakan cairannya ataupun coolant. Hal tersebut juga membantu menghindari terjadinya overhead. Pastikan air radiator itu selalu terisi secara berkala jangan sampai kehabisan. Air tersebut berperan guna mendinginkan mesin ketika bekerja.

Pastikan air radiatornya itu benar-benar terbaik atau yang sudah direkomendasikan. Seperti halnya cairan coolant yang mempunyai senyawa kimia anti-rust. Guna menjaga ruang radiator supaya tetap awet dan bersih. Selalu cek cairan lain yang dibutuhkan kendaraan roda empat tersebut.

Misalnya adalah power steering serta rem. Apabila Anda juga sering menggunakan air wiper maka isilah tabung air tersebut dengan air bersih apabila sudah mulai habis.

Panaskan Mobil

Setiap mobil pastinya dilengkapi dengan adanya pelumas. Sebab pelumas tersebut mempunyai peranan sebagai pelapis ketika komponen mesin sedang bergesekan. Supaya sebaran pelumas tersebut merata, maka Anda harus memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Panaskan mobil tersebut sesuai dengan pemakaiannya. Ketika jarang dipakai, maka waktu pemanasannya juga harus lama. Pada intinya sampai suhu mesin mobil tersebut panas atau jarum indikatornya berada di panel dashboard menunjukkan bahwa mesinnya sudah panas.

Pemanasan kendaraan tersebut juga mempunyai kaitan erat dengan awet atau tidaknya kendaraan Anda. Sembari memanaskannya, Anda juga bisa mengecek kondisi ban ataupun kelengkapan lainnya.

Gunakan Bahan Bakar Terbaik

Bahan bakar memang mempunyai peranan yang penting guna meningkatkan performa kendaraan. Untuk itu anda perlu memperhatikan teknologi yang dimiliki BBM tersebut. Alasannya adalah bahan bakar yang baik tidak hanya akan mampu membersihkan serta melindungi mesin saja. Tetapi juga meningkatkan performa mesin supaya lebih optimal.

Cara merawat mesin mobil yang bisa Anda lakukan adalah jangan lupa juga untuk membersihkan mobil guna menghindari karat. Mesin memang penting tetapi kebersihan mobil juga harus Anda lakukan secara rutin untuk menghindari terjadinya kerusakan. Terlebih bagi Anda yang mempunyai mobilitas tinggi dan setiap berkendara harus melewati jalanan yang rawan banjir.

Merawat Mesin Bersama Otoklix

Untuk mempermudah Anda dalam mengamalkan cara merawat mesin mobil tersebut, Anda bisa menggunakan Otoklix. Adalah platform yang sudah bekerjasama dengan bank umum yang ada di Jabodetabek dan sekitarnya. Siap membantu Anda untuk melakukan perawatan mobil. Dari perawatan eksterior maupun interiornya.

Meskipun bekerjasama dengan bengkel umum tetapi pelayanan serta harga yang diberikan selalu terbaik. Adanya platform ini juga membantu Anda lebih mudah untuk melakukan segala jenis perawatan kendaraan. Supaya cara merawat mesin mobil tersebut menjadi lebih mudah, Anda bisa mengunjungi bengkel tune up terdekat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.