Kesehatan

Cara Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Cara Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi

Menstruasi adalah kondisi normal yang dialami wanita setiap bulannya. Keluar darah saat menstruasi terkadang membuat Anda sedikit tidak nyaman, karena harus memakai pembalut sepanjang hari. Namun, ketidaknyamanan ini sebenarnya bisa diminimalisir jika Anda menjaga kebersihan area intim.

Kebersihan Miss V adalah kunci utama menstruasi yang aman dan damai. Sebab, jika Anda malas mengganti pembalut dan membersihkan Miss V, bersiaplah untuk merasakan gatal dan ketidaknyamanan lainnya. Berikut cara menjaga kebersihan diri saat menstruasi:

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Saat Menstruasi?

  1. Mengganti Pembalut Secara Teratur

Jangan gunakan pembalut terlalu lama. Tak sedikit wanita yang malas atau tidak sempat mengganti pembalut karena kesibukannya. Padahal, mengganti pembalut secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan Miss V saat menstruasi.

Pembalut yang Anda gunakan langsung bersentuhan dengan kulit Miss V. Jika tidak sering diganti, pembalut yang kotor ini rentan terhadap gatal dan infeksi bakteri. Karena itu, pastikan Anda mengganti pembalut setidaknya setiap empat jam.

  1. Bersihkan Area Kemaluan

Selain rutin mengganti pembalut, Anda juga perlu rutin membersihkan area kemaluan. Pembersihan Miss V bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa darah yang menempel pada kulit Miss V. Pastikan untuk mandi dua kali sehari dengan cairan antiseptik dan basuh area kemaluan dengan air hangat dari depan ke belakang.

  1. Buang pembalut bekas dengan aman

Pembalut wanita tidak bisa langsung dibuang ke tempat sampah. Anda harus membungkusnya dengan kertas terlebih dahulu sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Pembalut bekas membawa kuman dan bakteri dan jika dibiarkan terkena udara dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika Anda menggunakan cangkir menstruasi, cuci sekali sehari dengan air hangat dan larutan antiseptik untuk menghilangkan semua kuman.

  1. Hindari Menggunakan Douches

Hindari penggunaan douche saat menstruasi. Sejauh ini, belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan manfaat penggunaan douche bagi kesehatan reproduksi wanita. Douche sebenarnya dianggap dapat menimbulkan efek samping tertentu pada Miss V, seperti bakterial vaginosis.

Pasalnya, cairan ini tak hanya membunuh bakteri berbahaya, tapi juga bakteri baik yang hidup secara alami di dalam vagina.

  1. Hindari Menggunakan Produk Kebersihan Feminin

Walaupun menambahkan produk kebersihan vagina ke rutinitas harian Anda dapat bermanfaat, menggunakannya selama periode Anda dapat menyebabkan komplikasi.

Vagina memiliki sistem pembersihan yang bekerja sepanjang siklus menstruasi, dan produk kebersihan buatan dianggap mengganggu proses alami ini, yang menyebabkan infeksi dan pertumbuhan bakteri jahat.

  1. Gunakan Pakaian Dalam yang Menyerap Keringat

Pilih pakaian dalam yang terbuat dari 100 persen katun. Pasalnya, bahan katun efektif menyerap keringat, sehingga Miss V terhindar dari bau tak sedap. Selain memilih celana dalam berbahan katun, sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang sangat ketat justru bisa menjebak keringat di tubuh dan menimbulkan bau tak sedap.

  1. Cuci tangan sebelum mengganti pembalut dan mencuci vagina

Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum mengganti pembalut dan mencuci Miss V. Gunakan sabun ketika mencuci tangan untuk memastikan tangan benar-benar bersih dari kuman. Tangan yang kotor beresiko menularkan bakteri ke area kemaluan.

Tidak hanya saat menstruasi, perawatan area vagina juga perlu diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari gangguan kesehatan. Selain itu. Jika Anda merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.