Kesehatan

5 Penyebab Utama Wajah Terlihat Lebih Tua Sebelum Waktunya Menurut Sains

Semua orang ingin bertambah tua dengan baik, meski itu berarti harus menggunakan produk antipenuaan, minum suplemen, diet, dan melakukan hal lain yang diperlukan.

Banyak orang yang tak ingin cepat tua, tapi tanpa disadari masih melakukan hal-hal yang justru bisa mempercepat penuaan. Menurut ilmu pengetahuan, inilah lima penyebab wajah terlihat lebih tua sebelum waktunya yang dilansir dari eatthis.com.

1. Makan terlalu banyak gula

“Temuan dari studi penelitian menunjukkan bahwa diet yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan lainnya dapat mempercepat penuaan,” kata American Academy of Dermatology. Selain bikin wajah menua sebelum waktunya, gula berlebihan juga meningkatkan kemungkinan mengalami obesitas dan masalah kesehatan terkait seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

Ketika dikonsumsi secara berlebihan, gula mengikat kolagen dan elastin, dua protein di kulit kita yang membuatnya tampak kencang dan awet muda. Gula menciptakan produk akhir glikasi tingkat lanjut (disebut AGEs), yang merusak kolagen dan elastin dan menghalangi tubuh memperbaikinya sehingga terjadilah penuaan dini.

2. Tidak pakai tabir surya

Paparan sinar matahari berlebihan menyebabkan proses yang disebut photoaging, penuaan yang disebabkan oleh cahaya. Seiring waktu, bintik-bintik akibat sinar matahari, kerutan dan kendur dapat berkembang. Untuk melindungi dari photoaging, oleskan pelembab harian yang mengandung tabir surya. Pilih yang memiliki SPF minimal 30 dan melindungi dari sinar UV-A dan UV-B.

3. Kurang tidur

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology, wanita yang memiliki kualitas tidur yang baik mengalami pemulihan penghalang kulit 30 persen lebih baik dan penuaan kulit intrinsik yang jauh lebih rendah daripada wanita yang kurang tidur. Para ahli merekomendasikan untuk mendapatkan tujuh hingga sembilan jam tidur berkualitas setiap malam.

4. Minum alkohol berlebihan

Alkohol mengeringkan kulit dan menyebabkan peradangan, dua faktor utama penuaan kulit. Jika terbiasa minum berlebihan, penelitian menunjukkan bahwa akan muncul lebih banyak garis halus, kerutan, kemerahan, dan bengkak. Jadi, jika ingin terlihat lebih muda dan mengurangi risiko kanker atau penyakit jantung, hindari minuman ini.

5. Stres

Stres kronis dapat menyebabkan penuaan yang tidak sehat dan bahkan memperpendek hidup, menurut Harvard Medical School. Dalam laporannya, Harvard mengungkap bahwa stres berkepanjangan dapat memperpendek telomer, struktur di dalam setiap sel yang mengandung DNA. Telomer mulai panjang dan tumbuh lebih pendek seiring bertambahnya usia. Ketika terlalu pendek, telomer akan mati. Tidak hanya ini proses penuaan yang sebenarnya, orang dengan telomer yang lebih pendek memiliki risiko lebih besar terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.