Kesehatan

4 Minyak Esensial yang Membantu Pertumbuhan Rambut Setelah Rontok

Rambut rontok sudah menjadi masalah umum. Penyebabnya beragam, dari pola makan yang buruk hingga stres. Kerontokan juga bisa terjadi karena kulit kepala kekurangan nutrisi dan stimulasi penting. Salah satu cara yang terbukti membantu pertumbuhan kembali rambut adalah dengan menggunakan minyak esensial.

Minyak esensial atau atsiri dinilai ampuh dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan merangsang kulit kepala dan folikel rambut. Minyak ini juga memiliki berbagai macam efek menenangkan karena aromanya yang murni, bisa menenangkan suasana hati saat melakukan perawatan diri.

Berikut empat minyak esensial yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, yang diungkap Radhika Iyer, pendiri merek kecantikan organik India, Beauty by Anahata, yang dilansir dari Times of India. Minyak esensial harus selalu digunakan setelah diencerkan dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa dan minyak jarak.

1. Minyak rosemary

Minyak esensial rosemary membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan melebarkan (memperluas) pembuluh darah dan meningkatkan multiplikasi sel. Minyak ini mengoksidasi kulit kepala dan membuat distribusi nutrisi lebih mudah. Karena khasiatnya, minyak ini dikenal ampuh membantu pertumbuhan kembali rambut. Campurkan 5-6 tetes minyak esensial rosemary dengan minyak kelapa dan oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama 10-15 menit dan kemudian bilas dengan sampo alami.

2. Minyak serai

Minyak esensial serai sangat bagus untuk memerangi ketombe, salah satu penyebab rambut rontok. Aroma serai tidak hanya sangat menenangkan, tetapi juga efektif untuk menghilangkan kulit kepala yang kering. Campurkan 3-4 tetes minyak esensial serai dengan sampo atau kondisioner biasa (sebaiknya produk alami atau organik) dan gunakan secara teratur.

3. Minyak bergamot

Minyak esensial bergamot adalah anti-mikroba untuk kulit kepala yang lebih sehat. Sifat anti-inflamasinya mendinginkan kulit kepala, mengurangi risiko peradangan yang menyakitkan seperti bisul atau keringat berlebih. Peradangan bisa menyebabkan kerontokan rambut dan bergamot sangat bagus untuk melawannya. Gunakan 3-4 tetes bergamot dicampur dengan minyak kelapa dan oleskan ke kulit kepala. Cuci rambut segera setelahnya.

4. Minyak kayu cedar

Kayu cedar adalah minyak pilihan untuk mencegah kerontokan rambut. Minyak esensial ini menyeimbangkan kelenjar penghasil minyak di kulit kepala dan menyediakan lingkungan yang sehat bagi bakteri ramah rambut. Minyak ini juga memiliki sifat anti-jamur yang membantu mencegah ketombe dan kulit kepala kering dan bersisikKhasiatnya mengoptimalkan kesehatan kulit kepala, memastikan rambut tumbuh kembali di lingkungan yang aman dan terpelihara. Campurkan 3 tetes minyak esensial cedarwood dengan kelapa atau minyak jarak dan kemudian oleskan pada kulit kepala.

Pastikan menggunakan minyak esensial ini sesuai yang disarankan. Encerkan minyak atsiri dengan minyak pembawa dengan benar, dan selalu lakukan uji tempel (terapkan pada satu bagian terlebih dahulu) untuk memeriksa semua jenis reaksi.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.